7500 Bitcoin Hilang Di Pembuangan Sampah

goosebit advertise 728x90 cheap promotion

Nampaknya apa yang dilakukan Laszlo Hanyecz saat membeli dua loyang pizza seharga 10.000 Bitcoin pada 2010, belum cukup greget. Pada tahun 2013 (sekitar Juni-Agustus), sebuah perangkat harddisk yang menyimpan data-data penting tanpa sengaja telah dibuang bersama sampah oleh pemiliknya. Sesuai judul postingan ini, data-data penting tersebut adalah 7.500 Bitcoin yang disimpan di dalam wallet fisik Bitcoin yang terdapat di dalam harddisk tersebut. 7.500 Bitcoin hilang melayang dan hampir mustahil menemukannya kembali di tumpukan sampah yang menggunung di Wales.

Adalah James Howells, pemilik harddisk berharga tersebut. Harddisk tersebut tak sengaja ikut terbuang ketika dia membersihkan sampah. Perangkat keras yang berisi data digital senilai 7.500 Bitcoin tersebut kini menjadi “Harta Karun”. Bitcoin-bitcoin malang tersebut dia peroleh dengan cara mining ketika tahun 2009, saat bitcoin belum sepopuler dan seberharga sekarang. Howells menyimpan tumpukan barang selama bertahun-tahun dan baru belakangan merapikannya. Baru pada tahun 2013 lalu dia menyadari kesalahan itu, Howells yang panik langsung berupaya menemukan cadangan data yang mungkin tertinggal. Sialnya lagi, ternyata data-data yang hilang tersebut tidak ada backup datanya.

James Howells 7500 Bitcoin Hilang Di Pembuangan Sampah Wales

“Begitu saya melihat lokasi tempat pembuangan sampah tersebut, saya pikir kita tak punya kesempatan. Itu area tertutup yang sangat luas”, ujar Howells tentang peluang menemukan harddisk-nya di antara gunungan sampah. Juru Bicara untuk Dewan Kota Newport mengatakan sampah yang dibuang pada musim panas, rentang perkiraan harddisk itu dibuang, sekarang kemungkinan terkubur di bawah 25.000 meter kubik sampah dan tanah.

Dengan kemajuan teknologi, pertumbuhan, dan harga Bitcoin yang terus meningkat, maka 7.500 Bitcoin Howells yang hilang terkubur tersebut sama nilainya dengan 390 Milyar Rupiah (Berdasarkan nilai tukar Bitcoin pada 26 September 2017). Mungkin Laszlo Hanyecz memang “kehilangan” 10.000 Bitcoin, 2.500 Bitcoin lebih banyak dibanding James Howells, tapi setidaknya dia masih mendapatkan dua loyang pizza.

Apa yang terjadi pada Howells bisa menimpa siapa saja. Loss dalam trading saja bisa membuat Anda kepikiran. Apalagi Bitcoin hilang dan dalam jumlah yang besar pasti akan sangat menyedihkan atau bahkan membuat Anda tidak bisa tidur. Maka dari itu, luangkan waktu untuk membuat backup data penting yang Anda miliki. Dan di atas itu semua, jangan menyepelekan hal yang menurut Anda tidak penting. James Howells sudah merasakannya, tentu Anda tidak ingin mengulangi kesalahan yang dia lakukan bukan?