Australia Menyatakan Tidak Perlu Regulasi Bitcoin di Australia

goosebit advertise 728x90 cheap promotion

Regulasi Bitcoin di Australia tidak Perlu

Pejabat Departemen Kebijakan Pembayaran Bank of Australia (RBA), Tony Richards dan David Emery, telah mengklaim bahwa cryptocurrency dan teknologi Blockchain yang mendasarinya belum membutuhkan adanya peraturan yang mendesak sejauh ini. Ini seakan menegaskan bahwa regulasi Bitcoin di Australia memang tidak perlu. Pejabat tersebut juga menyatakan bahwa Bank Sentral Australia tidak akan mendukung upaya untuk mengatur protokol inti yang membentuk jaringan Blockchain.

Pada persidangan di depan Komite Tetap Pajak dan Pendapatan Australia pada akhir Oktober 2017, kedua pejabat tersebut menjelaskan mengapa Bank Sentral Australia tidak melihat diperlukannya suatu regulasi yang mendesak untuk mata uang virtual dan Blockchain dalam waktu yang dekat.

The distributed and cross-border nature of digital currencies like Bitcoin means that regulation of the core protocols of these systems is unlikely to be effective. From the Bank’s payments policy mandate, digital currencies do not currently appear to raise any pressing regulatory issues.

Sikap RBA terhadap Blockchain dan cryptocurrency

Sikap Bank Sentral Australia pada mata uang digital dan teknologi Blockchain masih konsisten sejauh ini. Pada tahun 2015, Bank Sentral Australia, melalui dua pejabatnya tersebut, memberi tahu Senat Australia bahwa manfaat dari regulasi cryptocurrency dan Blockchain tidak akan melebihi biaya yang mungkin ditimbulkan.

Namun, bank tersebut mengusulkan perlunya memperkenalkan peraturan yang terkoordinasi karena potensi Bitcoin dan mata uang digital lainnya yang dapat mengganggu industri jasa pengiriman uang global. Perusahaan juga mengumumkan rencananya untuk berkolaborasi dengan Bank for International Settlements (BIS) dan Committee on Payments and Market Infrastructures (CPMI) mengenai masalah ini.

Sementara itu, kedua pejabat tersebut juga mengklaim bahwa Blockchain dan mata uang digital akan tetap dipertahankan di Australia. Mereka bahkan mengklaim bahwa industri dengan banyak perantara akan sangat diuntungkan oleh keberadaan mata uang digital.

The greatest potential is likely to be in sectors where workflows involve lots of different parties with no trusted central entity, and where current practices are quite inefficient.

Sumber: Cointelegraph.com