Profesor UC, Pilih Mata Uang Digital Berbasis Bank Sentral

goosebit advertise 728x90 cheap promotion

Barry Eichengreen

Barry Eichengreen adalah seorang Profesor Ilmu Ekonomi dan Politik yang sangat dihormati di University of California. Dia mengklaim dirinya lebih menyukai penggunaan mata uang virtual yang dikeluarkan bank sentral ketimbang cryptocurrency yang terdesentralisasi. Dia menambahkan bahwa dia tidak akan ikut serta berperan atau ambil bagian dalam perkembangan dunia keuangan di masa depan.

Dalam wawancara dengan CNBC, Eichengreen mengatakan bahwa mata uang digital yang didukung oleh bank sentral akan menyederhanakan layanan keuangan yang ada, sementara mata uang virtual yang terdesentralisasi akan digunakan dalam aktivitas ilegal yang dapat mempengaruhi tatanan keuangan yang telah ada secara negatif.

I think there is a role for central bank-issued digital currencies, which are a very different thing than crypto, anonymous currencies… The first alternative central bank digital currencies will make transactions more efficient. The second one is a vehicle for money laundering, tax evasion and the like.

Pandangan berbeda pada mata uang digital

Para pendukung cryptocurrency yang terdesentralisasi mengklaim bahwa ciri utama dari mata uang digital sejati seperti Bitcoin dan Ethereum adalah independensi mereka dari bank sentral. Mereka berpendapat bahwa waktu untuk mengambil alih kendali sistem keuangan global yang diawasi oleh institusi terpusat seperti Federal Reserve di AS telah tiba. Para pendukung ini percaya bahwa institusi perbankan sentral memberlakukan terlalu banyak kendali atas arus kas yang sering menimbulkan keputusan yang patut dipertanyakan oleh para bankir. Mereka menyatakan bahwa mata uang virtual menyelesaikan masalah ini karena sifatnya yang terdesentralisasi dan langka.

Sementara itu, penentang mata uang digital seperti Jamie Dimon dari JPMorgan Chase berpikir bahwa cryptocurrency sangat populer karena kemampuan mereka untuk menumbangkan undang-undang untuk tujuan melanggar hukum seperti transaksi narkoba, pornografi anak-anak, dan pencucian uang. Namun, mata uang virtual yang dibuat bank sentral seperti yang diusulkan oleh Rusia dan China dapat menghasilkan kontrol arus kas yang lebih ketat. Karena pandangan yang kontras ini, sangat menarik untuk melihat bagaimana mata uang virtual akan diperlakukan dalam waktu dekat.

Sumber: Cointelegraph.com