Regulasi Bitcoin di Korea Selatan, Bitcoin Sebagai Komoditi

goosebit advertise 728x90 cheap promotion

Regulasi Bitcoin di Korea Selatan

Gubernur Bank of Korea (BOK), Lee Joo Yeol, telah mengumumkan bahwa Bitcoin akan diatur sebagai komoditi dan bukan sebagai mata uang. Namun, Gubernur Bank Sentral Korea ini, mengklaim bahwa Regulasi Bitcoin di Korea Selatan tersebut tidak akan segera diluncurkan oleh BOK.

Selama audit BOK oleh Majelis Nasional, Lee mengklaim bahwa mata uang digital seperti Bitcoin tidak dapat dianggap sebagai uang berdasarkan definisi Bank of International Settlements (BIS).

It is difficult to look at [virtual currencies] as money by [the definition] of Bank of International Settlements (BIS). Regulation (of virtual currencies) is appropriate because it is regarded as a commodity. It [cannot be] regulated at the level of a currency.

Langkah terbaru Korea Selatan terhadap mata uang virtual

Untuk segera mengatasi masalah yang melibatkan cryptocurrency, pemerintah Korea Selatan pada 2016 menciptakan sebuah satuan tugas mata uang digital yang khusus mempelajari parameter peraturan dan perizinan untuk Bitcoin dan Bitcoin exchange. Pada awal Juni 2017, sebuah laporan CNN menyatakan bahwa para peserta dalam penelitian ini gagal untuk menyepakati apakah cryptocurrency harus disertakan dalam sistem sekarang dan bagaimana sistem bekerja jika disertakan.

Sementara itu, regulator keuangan Korea Selatan, Financial Supervisory Service (FSS) telah mengeluarkan larangan Initial Coin Offering (ICO) atas petunjuk satuan tugas yang ditugaskan khusus untuk meneliti mata uang digital tersebut. Tujuan dari larangan itu adalah untuk melindungi investor dari kemungkinan penipuan atau penggelapan. Langkah ini telah menyebabkan kekhawatiran akan kampanye melawan pasar perdagangan mata uang digital lokal di negara tersebut, serupa dengan tindakan keras yang baru-baru ini dilontarkan oleh pemerintah China.

Wakil Ketua FSS, Kim Yong Bum menyatakan bahwa ICO meningkatkan risiko penipuan atau penggelapan, sehingga sebuah larangan akan dilaksanakan.

We are worried about adverse effects such as increased risk of fraud, the ICO will be prohibited in all forms.

Sumber: Cointelegraph.com