Sejarah Bitcoin Pizza Day 22 Mei

goosebit advertise 728x90 cheap promotion

Sejarah Bitcoin Pizza Day sangat menarik untuk diketahui. Pizza, tidak hanya identik dengan Italia, tetapi berkaitan erat juga dengan Bitcoin. Kenapa hal itu bisa terjadi? Jawabannya adalah karena “keraguan”. Harga Bitcoin telah naik ribuan kali lipat dibanding saat masa awal kemunculannya. Bahkan saat awal kemunculannya sekalipun, banyak orang menyangsikan bahwa Bitcoin itu memiliki nilai dan dapat digunakan untuk transaksi. Pada tanggal 22 Mei 2010, seorang programmer yang bernama Laszlo Hanyecz di forum BitcoinTalk menawarkan 10.000 Bitcoin (Iya benar, sepuluh ribu Bitcoin) untuk dua loyang pizza. Jangan kaget karena saat itu Bitcoin tidak memiliki nilai yang berarti. Bitcoin tidak lebih dari sekadar coba-coba dan iseng.

Ini adalah transaksi pertama dengan menggunakan Bitcoin yang kemudian diperingati sebagai Bitcoin Pizza Day pada tanggal 22 Mei setiap tahunnya. Bitcoin sendiri lahir pada tanggal 3 Januari 2009 dan baru digunakan untuk bertransaksi setelah lebih dari setahun.

Di tahun 2010, dua buah pizza bernilai 10.000 Bitcoin dipesan. Hari ini (4 September 2017), dengan 1 Bitcoin Anda bisa mendapatkan ini.

Bitcoin Pizza Day, Harga 1 Bitcoin Bisa Dapat Kawasaki Ninja 2017

Iya, Anda bisa mendapatkan satu Kawasaki Ninja 250 SE LTD seharga 63 Jutaan. Sekarang Anda bisa membayangkan berapa harga 2 loyang pizza tersebut pada tahun 2017 ini. 630 Milyar Rupiah, itulah harga 2 loyang Pizza Papa John tersebut jika mengikuti nilai tukar Bitcoin per postingan ini dipublikasikan. Mungkin 2 loyang pizza tersebut adalah pizza termahal di dunia.

“Bitcoin seperti tidak memiliki nilai saat itu, jadi gagasan untuk memperdagangkannya dengan pizza adalah sangat keren. Tidak ada orang yang tahu jika Bitcoin akan sebesar ini”, tutur Hanyecz kepada Nick Bilton saat wawancara dengan The New York Times.

Tampaknya itu adalah kesalahan terkeren Hanyecz yang sepertinya tidak akan terulang lagi. Bagaimanapun apa yang dilakukan oleh Hanyecz tersebut sangat berpengaruh pada apa yang telah dicapai Bitcoin sampai saat ini. Apa yang dilakukan oleh Hanynecz adalah trigger dari perkembangan Bitcoin. Jika dulu Hanyecz masih kesulitan untuk membeli pizza dengan Bitcoin, lihatlah sekarang lebih dari 70.000 merchant telah menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran, mulai dari hotel, restaurant, online shop, bahkan layanan donasi untuk charity pun kini bisa menggunakan Bitcoin.

Sekarang kita hanya tinggal menunggu waktu untuk menjadi saksi sejarah mau dibawa kemana lagi Bitcoin ini kedepannya.