Cara Mendapatkan Uang Dari Cryptocurrency

goosebit advertise 728x90 cheap promotion

Mendapatkan uang dari cryptocurrency memang merupakan hal yang menggiurkan dan belum banyak orang yang tahu peluang ini. Cryptocurrency adalah sebuah teknologi membuat mata uang digital yang menggunakan kriptografi untuk keamanan yang membuatnya tidak dapat dipalsukan. Nilai harga dari cryptocurrency sebagian besar ditentukan oleh kekuatan buy and sell dari para pengguna teknologi ini. Cryptocurrency atau teknologi mata uang digital saat ini sangat marak dikembangkan oleh berbagai perusahaan dan team engineer di berbagai belahan dunia. Bahkan Google Ventures juga berinvestasi di salah satu teknologi Cryptocurrency. Terdata sudah lebih dari 500 cryptocurrency diciptakan berdasarkan coinmarketcap.com. Beberapa cryptocurrency memiliki berbagai konsep yang berbeda dan beberapa memiliki konsep yang meniru coin lainnya.

Karena nilai dasar cryptocurrency murni berdasarkan kekuatan buy dan sell tidak dijamin oleh apapun maka tidak jarang cryptocurrency memiliki nilai turun lebih dari 20% dalam sehari yang sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk melakukan perdagangan (trading) untuk mendapatkan profit.

Bagaimana cara trading cryptocurrency?
Caranya sederhana pada dasarnya ada 2 cara:

  • Beli saat murah dan jual saat tinggi
  • Beli saat terlihat peluang naik dan jual saat harga lebih tinggi dari harga beli

Anda bisa membaca postingan di blog ini mengenai Teknik Dasar Trading Bitcoin Agar Selalu Profit dan 10 Tips Dalam Perdagangan Cryptocurrency untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut mengenai trading cryptocurrency.

Apa itu Altcoin ?
Altcoin adalah sebutan bagi cyptocurrency selain dari Bitcoin yaitu akronim dari Alternate Coin.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Altcoin?
Altcoin mempunyai naik turun harga yang lebih dari Bitcoin. Berikut adalah langkah untuk mendapatkan keuntungan dari Altcoin.

  • Pertama Anda harus menukarkan Rupiah anda dengan Bitcoin. Untuk Indonesia, Bitcoin.co.id, masih menjadi market bitcoin terbesar karena layanannya aman dan terpercaya untuk menukarkan rupiah and ke bitcoin, atau sebaliknya. Setelah itu anda harus melupakan mengenai jumlah mata uang rupiah yang tukarkan. Anda harus berpaku pada jumlah Bitcoin yang Anda punyai (misalnya modal 1 BTC). Misi anda dalam trading Altcoin adalah memperbanyak Bitcoin Anda, bukan memperbanyak Altcoin Anda.
  • Silakan melakukan perdagangan Bitcoin dengan Altcoin (barter). Setiap kali anda trading dalam Altcoin dan mendapatkan profit maka Bitcoin anda akan bertambah. Disetiap akhir bulan silakan kurangi jumlah Bitcoin yang anda dapatkan dengan modal awal anda. Itu adalah penghasilan yang Anda dapatkan. Kecuali anda berminat untuk menambah modal awal Anda
  • Setelah mendapatkan selisih Bitcoin yang didapatkan, maka Anda dapat menjualnya di market dan Anda akan mendapatkan Rupiah.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan
Dalam melakukan perdagangan Altcoin ada beberapa hal yang harus kita perhatikan:

  • Altcoin mirip dengan sebagaimana saham, kita harus memahami bahwa altcoin mempunyai profil perusahaan / group pengembang nya. Pelajari siapa dibelakangnya dan kredibilitasnya.
  • Setiap group founder pengembang pasti memiliki Altcoin tersebut dalam jumlah besar dan apabila founder menjual altcoinnya besar kemungkinan harga akan drop sesaat karena supply yang besar akan membanjiri pasar. Biasanya hal ini akan diikuti peluang kenaikan besar setelahnya.
  • Pelajari sistem bagaimana altcoin itu dibuat dan prospek jangka panjangnya. Ikuti saran Warren Buffet dalam hal ini “Invest lah di tempat yang anda rasa masuk akal”, kalau memang sistemnya masuk akal dan mempunyai peluang jangka panjang pasti besar kemungkinan nilai akan naik biarpun bukan saat ini. Sehingga anda tidak perlu melakukan cut loss (menjual dibawah harga beli). Salah satunya coba lihat sistem Ripple untuk melihat salah satu altcoin yang punya peluang jangka panjang dan konsep kedepan yang besar – sebuah altcoin yang didukung oleh Google Ventures.
  • Altcoin yang baru keluar dan baru mulai disambut pasar biasanya besar kemungkinan mengalami nilai kenaikan yang sangat tidak masuk akal (seperti Darkcoin yang dari beberapa Rupiah menjadi 30 Rupiah per 1 darkcoin nya kurang dari 1 bulan).
  • Lupakan altcoin yang tidak disambut pasar kembali. Ingat, kunci dari semua nilai altcoin adalah kekuatan pasar. Dan ingat, anda adalah altcoin trader, bukan Altcoin believer. Apabila Anda merasa sudah tidak ada lagi masa depan di Altcoin itu maka besar kemungkinan altcoin tersebut akan kembali ke nilai awalnya (yaitu mendekati 0). Cut loss sekarang daripada menyesal dibelakang hari. Move on dan cari altcoin yang lebih bermutu. Shit happens sometimes.
  • Harga pergerakan Altcoin dipengaruhi oleh pasar global oleh karena itu waspada juga dengan pergerakan harga international yang dapat dipantau melalui external price pada sistem yang telah disediakan.

Semoga panduan dan tutorial ini bisa membantu para trader khususnya yang masih baru di dunia Cryptocurrency.