Samsung Ubah Smartphone Menjadi Alat Mining Bitcoin

goosebit advertise 728x90 cheap promotion

Pernahkah Anda menghitung berapa jumlah ponsel atau smartphone yang pernah Anda miliki sampai detik ini? Dimana benda-benda itu sekarang? Masih Anda simpan atau telah Anda jual untuk mendapatkan smartphone yang Anda gunakan sekarang? Jika Anda masih menyimpannya, cobalah untuk upcycling perangkat Anda. Mungkin Anda tidak akan percaya jika ternyata di luaran sana, Samsung mengubah smartphone menjadi alat mining Bitcoin.

Smartphone yang telah berumur, terutama smartphone flagship pada periodenya, masih memiliki banyak tenaga yang tersisa di dalamnya. Untuk menunjukkan apa yang bisa mereka lakukan, Samsung meluncurkan sebuah program upcycling yang menunjukkan bagaimana orang dapat menggunakan kembali smartphone lama mereka.

Smartphone menjadi alat mining Bitcoin

Samsung C-Lab adalah tim teknik yang berfokus pada proyek kreatif dan tengah memimpin usaha tersebut. Headline proyek mereka di konferensi developer Samsung baru-baru ini adalah 40 tumpukan Samsung Galaxy S5 diubah menjadi mining rig Bitcoin. Tidak hanya dapat menambang Bitcoin, alat yang diciptakan ini juga bisa melakukannya dengan lebih efisien dibandingkan komputer desktop. Faktanya, delapan Galaxy S5 bisa menambang lebih efisien daripada komputer dengan prosesor Intel Core i7 2600. Jadi, sangat dimungkinkan untuk mengubah smartphone menjadi alat mining Bitcoin.

Samsung C-Lab, 40 tumpukan Samsung Galaxy S5 diubah menjadi mining rig Bitcoin

Samsung juga mendemonstrasikan sebuah Galaxy Tab tua yang kemudian berubah menjadi laptop bertenaga Ubuntu, Galaxy S3 yang memonitor kolam ikan, dan sebuah ponsel tua yang diprogram dengan software pengenal wajah untuk menjaga pintu masuk rumah. Khusus untuk alat penjaga pintu masuk ini, Samsung mengemasnya dengan bentuk dan tampilan yang menarik yang berbentuk burung hantu kecil yang lucu.

Ponsel tua Samsung yang diprogram dengan software pengenal wajah untuk menjaga pintu masuk rumah, alat ini berbentuk seperti burung hantu lucu

Software dapat didownload secara gratis

Proyek ini memang sangat bagus, namun Samsung menyatakan akan melangkah lebih jauh dari itu. Samsung berencana untuk merilis kedua unlocking software tersebut secara online dan gratis untuk keperluan berbagai proyek upcycling. Robin Shultz, juru bicara Samsung, menjelaskan pemikirannya di balik proyek tersebut:

This innovative platform provides an environmentally responsible way for old Galaxy mobile devices to breathe new life, providing new possibilities and potential extended value for devices that might otherwise be forgotten in desk drawers or discarded.

Hingga sekarang, Samsung memiliki placeholder GitHub dengan sebuah video yang menjelaskan apa yang sedang terjadi. Situs ini, memungkinkan pengguna untuk mendownload software yang dapat menghapus Android dari perangkat mereka. Hal ini akan membukakan akses ke versi software lain yang akan mengurangi sedikit beban dari perangkat dan akan membuka kemungkinan apa yang bisa dijalankan pada perangkat yang lebih tua tersebut. Pengguna akan dapat mengupload proyek mereka sendiri dan mendownload proyek dari Samsung dan pengembang lainnya.

Win win solution dari Samsung

Di era sekarang, perangkat teknologi seperti smartphone dibuat lebih fragile (rapuh dan mudah pecah) dari sebelumnya. Pabrikan seakan membuatnya sulit untuk diperbaiki. Kita bisa melihat bagaimana trend yang berkembang sekarang, kebanyakan smartphone terbuat dari material yang mudah pecah, seperti kaca. Langkah Samsung ini adalah hal yang sangat bagus dalam memanfaatkan perangkat yang berpotensi terbuang sia-sia di tempat pembuangan sampah dan membuatnya berguna lagi. Sebuah win win solution dari Samsung, karena mereka akan dapat eksposur yang kuat dari kampanye upcycling ini, dan konsumen juga diuntungkan sebab perangkat lama mereka bisa dijadikan sesuatu yang lebih berguna dan memiliki nilai tambah.

Sumber: Androidauthority.com